Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Sunday, October 11, 2015

Ini Bentuk Pedang dan Busur Rasulullah SAW

Pedang dan busur Rasulullah SAW
Replika pedang dan busur Rasulullah SAW @tribunnews.com
Nabi Muhammad SAW dahulu juga sering melakukan peperangan untuk membela umatnya. Beliau menggunakan beberapa peralatan perang seperti pedang dan panah. Dalam pameran yang digelar di halaman Masjid Raya Bogor dalam acara Bogor Islamic Book Fair, ditampilkan replika pedang Nabi dan busur panahnya.

Ciri-ciri replika pedang Nabi Muhammad SAW berbentuk blade dengan dua mata pedang di ujungnya. Panjang pedang 99 centimeter dan berat sekitar 1,5 kilogram. Pedang ini bernama Al Ma’thur. Pameran ini dipersembahkan untuk warga bogor yang ingin melihat benda bersejarah yang dipakai Nabi Muhammad SAW pada zamannya.

Bentuk pedang Rasulullah SAW sangat menawan karena terdapat hiasan ratusan batu merah delima dan pirus. Hiasan tersebut menempel di sarung pedang. Pada bagian gagang pedang berbentuk dua kepala ular dan berbalutkan emas. Gagang pedang ini juga dihiasi dengan tulisan kaligrafi Al-kufi. Tulisan di gagang pedang tersebut bertuliskan nama Abdullah bin Abdul Muthalib yang merupakan ayahanda Rasulullah SAW.

Pedang Nabi Muhammad SAW
replika pedang Rasulullah SAW @metropolitan.id
Pedang sejarah Rasulullah SAW tersebut disimpan dalam peti kaca yang beralaskan kain berwarna emas. Dalam peti tempat pedang disimpan juga terdapat busur panah milik Nabi Muhammad SAW. Busur panah tersebut bernama Az Safra atau Si Kuning. Busur tersebut berasal dari bambu kuning dan berbentuk melengkung berwarna cokelat. Ukurannya juga sedikit lebih tinggi dari pedang Al Ma’thur.

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top