5 Masjid di Dunia Yang Tetap Kokoh Walau Terkena Bencana

Beberapa tahun terakhir ini banyak kita jumpai kejadian-kejadian bencana alam yang banyak memakan korban jiwa. Bencana-bencana tersebut juga memporak-poranda bangunan megah. Namun dibalik itu semua ada beberapa kejadian bencana yang meninggalkan cerita unik tersendiri.

Misalnya saja saat terjadi bencana ada beberapa bangunan masjid yang masih kokoh. Sehingga dijadikan penampungan dan tempat korban yang selamat. Nah dibawah ini adalah kisah 5 masjid di dunia yang tetap kokoh walau habis terkena bencana seperti yang dilansir merdeka.com.

1. Masjid Golcuk di Turki

Masjid Golcuk di Turki
Masjid Golcuk di Turki
Di tahun 1999 pernah terjadi gempa bumi hebat melanda Turki. Gempa tersebut banyak memakan korban jiwa yang diperkirakan mencapai 45.000, dan 43.953 korban luka. Banyak bangunan yang hancur lebur karena terkena gempa ini. Namun ada sebuah masjid yang tetap berdiri kokoh walaupun terkena gempa dahsyat. Masjid tersebut adalah Masjid Golcuk. Diarea sekitar masjid ini banyak bangunan yang luluh lantak tidak bersisa. Sehingga banyak umat muslim yang percaya bahwa ini adalah mukjizat dari Allah SWT.

2. Masjid At Tauhid di Haiti

Masjid At Tauhid di Haiti
Masjid At Tauhid di Haiti
Gempa dahsyat juga terjadi di Haiti pada tahun 2010. Bencana alam ini menimbulkan 220.000-316.000 korban jiwa. Disamping banyak bangunan yang hancur, masyarakat Haiti mengakui bahwa tidak satupun masjid di sekitar lokasi gempa terkena dampak hebat bencana alam ini. Salah satu masjid yang tetap berdiri kokok adalah masjid At Tauhid di Ibu Kota Port-au-Prince. Masjid ini masih terlihat berdiri kokoh walaupun banyak gedung-gedung besar lainnnya yang hancur.

3. Masjid Kobe di Jepang

Masjid Kobe di Jepang
Masjid Kobe di Jepang
Masjid Kobe merupakan masjid pertama di Jepang dan menjadi saksi bisu dahsyatnya Perang Dunia Kedua. Masjid ini diresmikan pada 1935. Masjid ini sering terkena bencana besar seperti terkena efek bom Atom yang meratakan kota Kobe dan gempa dahsyat pada 1995. Namun masjid ini tetap berdiri dengan kokoh. Subhanallah.

4. Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Masjid Baiturrahman Banda Aceh
Masjid Baiturrahman Banda Aceh
Anda pasti masih mengingat bencana alam luar biasa yang menimpa Aceh dan sekitarnya. Ya, ini merupakan bencana dahsyat terbesar yang terjadi di Indonesia yang menimpa sumatera utara. Bencana ini memporak-poranda kota Aceh yang hampir terlihat seperti kota mati. Namun bencana alam ini menyisahkan kisah unik, yaitu terdapat sebuah masjid yang tetap berdiri kokoh walaupun bangunan disekitarnya rata dengan tanah.

Masjid tersebut adalam masjid Baiturrahman di Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

5. Masjid Jami di Nepal


Masjid Jami di Nepal
Masjid Jami di Nepal
Masjid Jami di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu, Nepal masih tetap berdiri tegak dan tidak ada dinding rusak atau bahkan retak saat terkena gempa. Masjid ini tidak mengalami kerusakan apapun padahal telah berusia ratusan tahun. Masjid ini dibangun sejak 1524 Masehi. Uniknya masjid ini tetap kokoh walaupun diguncang gempa berkekuatan 7,8 skala richter.

1 Response to "5 Masjid di Dunia Yang Tetap Kokoh Walau Terkena Bencana"

  1. Subhanallah
    mari lihat kondisi Indonesia sangat rentan dengan musibah bencana alam, hal yang setidaknya disadari oleh masyarakat adalah siaga bencana dan kepedulian untuk cepat bergerak membantu saat terjadi bencana

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel