Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Friday, February 27, 2015

Wisata Baru Pulau 1000 Masjid di Indonesia

Wisata Baru Pulau 1000 Masjid di Indonesia
Pantai Senggigi (Antara/Zabur Karuru)
Lombok dijuluki juga sebagai Pulau Seribu Masjid dan kini menjadi pusat pendorong wisata syariah di Indonesia. Keindahan pantainya yang masih alami, mulai menarik para wisatawan barat. Selain itu Lombok juga mempromosikan warisan budaya islam mulai dari berbagai masjid kuno hingga tempat peninggalan ulama masa lalu.


Seperti dilansir Dream.co.id, seorang wisatawan asal Arab Saudi, megatakan "Saya senang di sini karena bisa mendengar suara azan (panggilan untuk shalat) dan orang-orang pergi ke masjid untuk shalat," kata Sulaiman, yang didampingi oleh istrinya yang mengenakan burqa dikutip dari News.com.au, Jumat 27 Februari 2015.

Indonesia masih tertinggal dari negara yang lebih kecil di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand, dalam menarik wisatawan. Menurut angka resmi, kedatangan turis ke Indonesia naik menjadi 8,8 juta pada tahun 2013. Sedangkan Malaysia kedatangan turis asing sebanyak 25.720.000 dan Thailand 26.550.000.

Saat ini pemerintah Indonesia telah membuat panduan wisata yang mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang sesuai dengan Muslim. Yang mana disebutkan Indonesia adalah tujuan wisata syariah terbaik dan tercatat memiliki lebih dari 600 ribu masjid di seluruh Nusantara.


Lombok merupakan salah satu kota yang siap untuk menarik wisata syariah internasional. Berbagai hal dilakukan pemerinta kota Lombok seperti berencana mendirikan Islamic Center besar yang memiliki masjid, hotel dan pusat penelitian, juga secara khusus melatih pemandu wisata agar bisa menunjukkan turis Muslim tempat-tempat beribadah yang dekat dengan lokasi wisata dan juga sudah banyak terdapat hotel-hotel syariah.

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top