Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Thursday, February 12, 2015

Mengenal Masjid Bersejarah Yang Berusia 124 Tahun di Australia

Mengenal Masjid Bersejarah Yang Berusia 124 Tahun di Australia
masjid broken hill (foto:migrationheritage.nsw.gov.au)
Mengenal masjid bersejarah tertua di New South Wales Australia. Masjid ini menyimpan banyak sejarah mengenai pedalaman Australia. Namun, sejarah itu terancam hilang lantaran tidak pasti siapa yang akan mengurus dan merawat masjid bersejarah tersebut. Saat ini masjid bersejarah itu dirawat oleh Bob Shamroze, anak dari penunggang unta terakhir di Australia, seorang imigran yang tiba pada akhir tahun 1800-an hingga awal 1900-an untuk membangun pedalaman Australia.

Lokasi masjid ini lokasinya jauh berada di pedalaman, tepatnya di Kota Pertambangan Broken Hill, sekitar 1.000 kilometer sebelah barat Sydney. Dibangun tahun 1891 dan digunakan oleh penghuni kamp penunggang unta yang terdapat di bagian Utara Broken Hill.

Masjid di Broken Hill ini merupakan satu-satunya masjid yang dibangun oleh penunggang unta yang mampu bertahan hingga saat ini. Pengurus masjid, Shamroze, menceritakan hubungan kuatnya dengan masjid dan tanah di mana masjid itu berdiri. Menurut Shamroze, ayah dan kakeknya adalah penunggang unta, begitu juga dengan kedua pamannya, namun saat ini Shamroze merupakan keturunan terakhir dari silsilah keluarganya.

Masjid berdinding terbuat dari papan besi bergelombang berwarna merah ini tetap menjadi warisan atas peran penting mereka dalam sejarah Australia. Masjid di Broken Hill ini terbuka untuk tempat beribadah dan sebagai obyek wisata dengan perjanjian.

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top