Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Thursday, February 12, 2015

Mengenal Kota Tua Sana’a Yaman yang Bersejarah dan Bernuansa Islam

Mengenal Kota Tua Sana’a Yaman yang Bersejarah dan Bernuansa Islam
kota Sana'a Yaman (foto:femina.co.id)
Mengenal Kota tua Sana’a Yaman yang Bersejarah dan benuansa Islam. Kota Sana’a adalah Ibu kota Yaman yang merupakan salah satu dari kota tertua dalam peradaban Islam. Dan bagian kota tua dari Sana’a telah masuk sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Kota tua ini berpusat pada Al-Jami al-Kabir bi-Sanaa atau Masjid Agung Sana’a yang diperkirakan berusia lebih dari 1.400 tahun. Sehingga diperkirakan pembangunan masjid ini didirikan pada awal penyebaran Islam. Di sini tersimpan salah satu mushaf Alquran tertua di dunia.

Namun keadaan masjid ini telah dimakan usia dan mengalami berbagai peristiwa, dari banjir hingga peperangan. Sehingga bangunannya banyak mengalami kerusakan. Untuk
Perbaikan intensif dilakukan sejak tahun 2003. Untuk memperbaiki plester dinding digunakan metode aslinya yang disebut qudad. Kabarnya, menggunakan jeruk lemon.

Umur kota Sana’a sendiri telah berusia 2500 tahun. Bentuk geografis kota ini dikelilingi oleh dinding kota dari tanah liat setinggi 9- 14 meter. Sehingga untuk memasuki kota ini, harus melewati pintu gerbang Bab al-Yemen yang juga telah berusia ribuan tahun. Bangunan dalam kota ini terbuat dari batu bata warna cokelat, berbentuk bangunan tinggi dengan jendela qamariya yang berbentuk kipas dari kaca mozaik. 

Terdapat 100 masjid, 12 hammam (permandian umum), dan 6.500 rumah penduduk dalam kota ini. Terdapat juga Pasar Suq Al-Milh, sebagai pusat perekonomian.
Tidak hanya bangunan unik yang terdapat dalam kota ini. Keluar dari kota, tepatnya 30 menit berkendara, terdapat Wadi Dhahr, tempat Dar Al-Hajr alias Istana Batu. Bentuk istana ini sangat unik, karena bangunannya seolah-olah muncul dari batu.

Selain itu Istana ini merupakan tempat peristirahatan musim panas Imam Yahya, mantan pemimpin agama di Yaman. Bangunan bertingkat lima ini memiliki ruangan layaknya sebuah rumah. Bangunan ini juga menjulang sendiri di tengah gurun sehingga membuat Dar Al-Hajr terlihat mempesona.

Itulah ulasan singkat mengenai kota tua Sana’a yaman yang masih bernuansa sejarah kota islam. Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://www.femina.co.id/waktu.senggang/jalanjalan/jejak.kota.tua.islam/006/003/98 diakses tanggal 13 februari 2015

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top