Bangunan Sejarah Peninggalan Islam Dinasti Mughal

Sejarah Peninggalan Islam Dinasti Mughal India
Benteng Merah (foto:republika.co.id)
Dahulu selain Ottoman, Dinasti Mughal di India juga tercatat dalam sejarah sebagai salah satu kerajaan yang memiliki peradaban megah dalam sejarah dunia Islam. Yang mana sisa-sisa kemegahannya tersebut masih dapat kita jumpai di sejumlah wilayah anak benua Asia, seperti Pakistan, Bangladesh, dan India.

Dinasti Mughal biasa disebut juga dengan Mogul, adalah dinasti Islam yang menguasai sebagian besar kawasan utara India sejak 1526-1857. Namun pada masa selanjutnya, kejayaan dinasti ini terus menyusut dan semakin melemah hingga pertengahan abad ke-19.

Yang membuat kerajaan Mughal ini menjadi masyhur karena kemampuannya mempertahankan pengaruh di india yang mayoritas agama hindu selama dua abad lebih.

“Di samping itu, dinasti ini juga terkenal karena keberhasilannya mempersatukan masyarakat Hindu dan Muslim di bawah naungan satu negara India,” tulis Ensiklopedia Britannica.

Beberapa peninggalan dinasti Mughal yang terkenal adalah Taj Mahal, Taman Shalimar, dan Masjid Agung Delhi saja. Namun sebenarnya masih banyak peninggalan lainnya dan bahkan sebagian di antaranya bahkan masuk dalam daftar World Heritage Sites (Situs Warisan Dunia) UNESCO.

Baca juga : Sejarah perkembangan islam di India




Berikut peninggalan lain dari Dinasti Mughal Selain Taj Mahal, Taman Shalimar dan Masjid Agung Delhi.

Benteng Lahore (Lahore Fort)

Letaknya di Punjab, Pakistan, Benteng ini merupakan salah satu mahakarya arsitektur Dinasti Mughal. Didirikan pada masa pemerintahan Sultan Akbar dan memiliki panjang 426,7 meter dan lebar 340 meter.

Dalam kompleks benteng ini terdapat juga situs-situs terkenal lainnya, antara lain Sheesh Mahal, Gerbang Alamgiri, Paviliun Naulakha, dan Masjid Moti. Benteng Lahore ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1981.

Benteng Merah (The Red Fort)

Benteng Merah merupakan kediaman sultan-sultan Mughal selama hampir 200 tahun (sampai 1857). Luas bangunan ini totalnya 103,06 hektare ini terletak di pusat Kota Delhi, India. Selain itu Benteng Merah juga menjadi pusat kegiatan pemerintahan Mughal.

Istana Benteng Merah dibangun oleh Syah Jehan pada 1648. “Dinamai Benteng Merah karena dinding bangunan ini dilapisi oleh batu pasir merah,” tulis laman UNESCO.

0 Response to "Bangunan Sejarah Peninggalan Islam Dinasti Mughal"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel