Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Tuesday, February 17, 2015

Bangunan Keraton Yogyakarta Dengan Simbol Islam

Bangunan Keraton Yogyakarta Dengan Simbol Islam
Keraton Yogyakart (foto:ceritaeka.com)
Keraton Yogyakarta dengan symbol-simbol islam. Pembangunan tempat atau bangunan tertentu pada masa pemerintahan kerajaan-kerjaan islam biasanya meninggalkan simbol-simbol agama islam. Begitu pula pada zaman pemerintahaan sekarang. Salah satunya adalah bangunan keraton Yogyakarta yang memiliki simbol-simbol agama islam di bagian bangunannya.


Dilansir dream.co.id terdapat 64 tiang penyangga bangunan Pagelaran Keraton. Angka 64 tersebut menandakan usia Rasullullah Muhammad dalam perhitungan tahun Jawa.

Menurut Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X bahwa bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki simbol-simbol Islam. Di antaranya adalah 64 tiang yang menyangga bangunan Pagelaran Keraton.

"Kondisi ini menunjukkan akulturasi budaya dan sejarah Islam dengan tahun Saka ala Jawa," tutur Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagaimana dikutip dari dmi.or.id.


Sri Sultan mengatakan hal tersebut dalam acara pembukaan KUII VI di Keraton Pagelaran Yogyakarta pada Senin 9 Februari 2015. Menurut dia, terpilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggara KUII VI merupakan napak tilas dari peristiwa historis KUII I yang telah menghasilkan kesepakatan fenomenal bagi ummat Islam.

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top