Manfaat Baca Al-Qur'an Pada Syaraf, Otak dan Organ Tubuh Lainnya

Manfaat Baca Al-Qur'an Pada Syaraf, Otak dan Organ Tubuh Lainnya
Al-Qur'an (foto:muhammadiya.or.id)
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang sampai sekarang masih terjamin keasliannya. Dan tahukah anda bahwa dengan membaca Al-Qur’an ternyata dapat meningkatkan daya ingat dan memberikan ketengan. Menurut penelitian ilmiah bacaan Al-Qur’an berpengaruh pada syaraf, otak dan organ tubuh lainnya.


Seorang peneliti Dr. Al Qadhi dalam penelitiannya di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar.

Yang menjadi objek penelitian Dr. Al Qadhi adalah mengenai penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit yang umum dirasakan orang-orang.

Untuk menunjang penelitiannya Dr. Al Qadhi menggunakan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Dan dari hasil penelitiannya tersebut disimpulkan bahwa bacaan Alquran berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Penelitian lain oleh Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston juga memperkuat hasil uji coba tersebut. Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita. Kelima orang tersebut sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah Al-Qur’an.

Penelitian yang dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi yaitu :

1. Membacakan Al-Qur’an dengan tartil

2. Membacakan bahasa Arab yang bukan dari Al-Qur’an.

Dan hasilnya responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Al-Qur’an dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang bukan dari Al-Qur’an.

Tidak hanya itu, Al-Qur’an juga memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Hal tersebut diungkapkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam yang diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an menunjukkan respon tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Al-Qur’an lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur’an memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).


Itulah manfaat dari membaca Al-Qur’an bagi kesehatan jasmani dan rohani. Untuk itu sering-seringlah mendengarkan atau membaca Al-Qur’an. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Baca Al-Qur'an Pada Syaraf, Otak dan Organ Tubuh Lainnya"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel