Kota Islam

Sejarah dan Perkembangan Islam di Kota-Kota Dunia | Sejarah Kerajaan Islam | Sejarah Tokoh-tokoh Penyebar Islam | Sejarah Para Nabi dan Rasul | Sejarah Para Walisongo

Wednesday, February 5, 2014

Sejarah Perkembangan Islam di Argentina

masjid argentina - sejarah masuk islam di argentina
Sejarah perkembangan islam di Argentina. Tidak banyak sumber yang membahas tentang sejarah masuknya islam di Argentina. Kebanyakan sumber masuk islam di Argentina tidak beda jauh dengan sejarah masuk islam di benua amerika yaitu melalui para imigran.

Kedatangan para imigran Muslim pertama di Argentina bersamaan dengan kedatangan para penjelajah berkebangsaan Spanyol dan Portugis di wilayah Argentina. Jumlah imigran Muslim ini terus bertambah setelah Argentina menjadi wilayah koloni Spanyol.

Kaum Muslim Gaucho

Ratu Isabel I dari Spanyol mengultimatum seluruh Muslim Spanyol setelah perang untuk segera memilih dua pilihan. Melepas Muslim menjadi Katholik atau keluar dari tanah Spanyol. Kaum Gaucho bersikukuh. Mereka tetap pada pendirian agamanya, dan memilih berpindah ke tanah Tango

Awal mula masuknya Islam Spanyol di Argentina ini sebenarnya dibawa oleh bangsa Spanyol  yang saat itu berada di bawah kekuasaan Ratu Isabel I dan Raja Ferdinand II. Pada 1492, Alhambra yang saat itu menjadi basis kerajaan Islam terakhir di dunia, diporak-porandakan Isabel dan Ferdinand. Mereka kemudian menghancurkan berbagai peninggalan Bangsa Muslim, kecuali buku-buku tentang pengobatan dan karya seni seperti keramik.



Atas kemenangannya, Spanyol kemudian berekspansi ke seantero dunia. Mereka membawa beberapa peninggalan Islam itu yang kemudian diletakkan di tanah baru. Argentina adalah salah satunya.
Gaucho tak pernah bisa dilepaskan dari keberadaan Islam di Argentina. Meskipun telah punah, Gaucho tetap memiliki tempat tersendiri bagi Muslim di Argentina.

Gaucho hidup di padang rumput sebagai penggembala sapi. Mereka gemar memelihara jenggot, juga senang menggunakan jubah. Kuda kerap menjadi tunggangan mereka. Banyak tradisi mereka yang diserap rakyat Argentina hingga sekarang. Salah satunya yaitu gaya minumnya. Alat untuk minum Gaucho bernama mate yang berisi serbuk herbal, dicampur air hangat, dan diminum secara bergantian sebagai simbol persaudaraan, juga persahabatan. Jika ditawarkan untuk meminumnya, maka kita harus menerima. Jika tidak, sama seperti menolak persaudaraan dan persahabatan.

Kedatangan Kaum Islam di Argentina Periode Ke 2
Kedatangan Muslim ke tanah Argentina dimulai pada pertengahan Abad-19. Imigrasi pertama datang dari Syria sekira 1850 sampai 1860. Mereka mencari penghidupan yang lebih baik dibandingkan di bawah kekaisaran Ottoman yang pada saat itu cenderung otoriter.

Gelombang imigrasi berikutnya datang di antara tahun 1870 pada saat Perang Dunia I. Di antara rentang tahun 1919 dan 1926 para imigran itu datang lagi. Saat itu kekuatan negara Barat sedang getol-getolnya menancapkan pengaruh kolonialisasi di Timur Tengah, yang dulunya berada di bawah kekaisaran Ottoman.

Di antara imigran Arab yang terkenal adalah keluarga Menem, yang berasal dari Suriah dan pemeluk Islam. Mantan presiden Argentina, Carlos Menem, merupakan salah satu keturunan keluarga imigran Suriah ini. Meski leluhurnya adalah pemeluk Islam, ia sendiri merupakan seorang penganut Katolik Roma. Karena faktor agama inilah, Carlos Menem diizinkan untuk ikut mencalonkan diri sebagai presiden Argentina. Dalam aturan konstitusi yang berlaku, presiden Argentina haruslah seorang pemeluk Katolik Roma. Namun, aturan ini dihapuskan dalam reformasi konstitusi tahun 1994.

Diperkirakan, saat ini terdapat sekitar 3,5 juta penduduk Argentina keturunan Arab. Para keturunan Arab Argentina ini tidak hanya memeluk agama Islam, tetapi juga pemeluk Kristen dan Yahudi. Bahkan, bisa dikatakan sebagian besar keturunan imigran Arab ini adalah orang Kristen serta Yahudi, dan mungkin hanya kurang dari seperempat keturunan imigran Arab yang benar-benar Muslim. Giat Mempelajari Akhlak Rasulullah

Sumber referensi:
http://squadpost.com/menyibak-islam-di-argentina/#sthash.bbGy4Ti5.dpbs
http://studyclubtogether.blogspot.com/2010/07/islam-di-argentina.html

Temukan informasi sejarah perkembangan islam, sejarah tokoh-tokoh islam, dan beberapa peninggalan sejarah islam di Kota Islam

1 comments:

pengolahan yg baik, kunjung balik ya

Tinggalkan Komentar Anda

Back To Top